Silent killer

Saya inget waktu kuliah rekasaya termal dulu, pa dosen pernah bercerita tentang penyakit darah tinggi, yang menjadi silent killer, penyakit ini perlahan menyebabkan kerusakan pada organ-organ lain pada tubuh. Jik fluida yang mengalir pada pipa, memiliki tekanan yang terlalu tinggi, maka fluida itu akan merusak si pipa. Dalam hal ini darah mengalir melalui kapiler ke seluruh tubuh, bila tekanannya tinggi maka akan merusak sistem yang dilewatinya. Seringkali penyakit ini menimbulkan komplikasi penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya.

Tulisan ini ga membahas tentang penyakit darah tinggi, yang “membunuh” jasmani kita, melainkan sikap kita yang tidak diduga akan menyebabkan kehancuran bagi diri sendiri. Well, menurut saya, sikap puas yang berkepanjangan, menganggap diri sudah hebat, merasa diri benar tanpa melakukan tinjauan(introspeksi) dari berbagai sudut pandang adalah silent killer.

Tulisan ini lebih ditujukan kepada saya sendiri, supaya inget klo saya hanya single partikel atomik yang kecil di jagad raya,walo ga menutup kemungkinan, terjadinya reaksi fisi yang menyebabkan ledakan energi sih, hehehe. *ngaco* sekian.

Leave a comment